Home / Tausiyah

Kamis, 30 April 2020 - 21:43 WIB

Jangan Abaikan! Ini Waktu Mustajab Terkabulnya Doa Saat Ramadhan

Ilustrasi berbuka puasa

Ilustrasi berbuka puasa

Ramadhan menjadi momentum untuk menggapai ampunan Allah SWT dan mencapai taqwa. Selain itu, bulan ini memang sangat istimewa dibanding bulan lainnya. Ada kewajiban berpuasa yang menyehatkan, hitungan pahala dilipat gandakan dan lailatul qadar yang keberkahannya layakya seribu bulan.

Selain itu, bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan lain. Salah satunya adalah waktu mustajab terkabulnya doa. Siapa yang memanjatkan hajat pada waktu ini, maka Allah SWT tidak akan menolaknya. Dia menggaransi bahwa doa-doa tersebut akan dikabulkan.

Sayangnya, waktu mustajab tersebut justru banyak terlewatkan. Pada waktu ini, orang-orang yang berpuasa biasanya memilih menyibukkan diri pada urusan dunia. Padahal waktunya cukup singkat.

Kapankah waktu mustajab tersebut? Berikut ulasannya.

Ternyata waktu mustajab tersebut adalah pada saat-saat menjelang berbuka. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753)

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga do’a yang tidak tertolak: Do’a pemimpin yang adil, do’a orang yang berpuasa sampai ia berbuka, do’a orang yang terzholimi.” (HR.Tirmidzi no. 3595, Ibnu Majah no. 1752. Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban dalam shahihnya no. 2408 dan dihasankan oleh Ibnu Hajar. Lihat catatan kaki Zaadul Ma’ad, 2: 50).

Baca Juga  Terkait Covid 19; Anies Terus Berdoa, Tidak Ada yang Bisa Menolong Selain Allah

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Sayangnya pada saat menjelang berbuka, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk ngabuburit, berburu santapan untuk berbuka, menunggu bedug sambil menonton televisi, serta aktivitas lainnya yang jauh dari kegiatan menadahkan tangan untuk meminta kepada Tuhan.

Kondisi ini berbeda jika dibandingkan kebiasaan masyarakat di Kota Suci Mekkah. Biasanya jelang berbuka mereka akan berkumpul dan memohon atas hajat yang diinginkan kepada Allah. Biasanya ini dilakukan 15 atau 10 menit sebelum berbuka puasa.

Setelah mengetahui hal ini, semoga kita tidak lagi menyia-nyiakan waktu mustajab untuk berdoa. Ambil lah wudhu dan memintalah kepada Allah SWT. Kemudian cukup mempercayai jika Allah akan mengabulkan doa tersebut. (iu)

Share :

Baca Juga

Doa Rasulullah agar Diberkahi

Tausiyah

Lafal Doa Kamilin yang Dibaca Setelah Shalat Tarawih
Keanehan menimpa umat islam

Tausiyah

6 Keanehan Ini akan Terjadi Menimpa Umat Islam Sesuai Hadis Rasulullah
Berhubungan Intim Sewaktu Puasa

Tausiyah

Berhubungan Intim Sewaktu Puasa karena Lupa, Apa Hukumnya?
UAS

Tausiyah

Keistimewaan Aisyah Istri Nabi SAW Menurut Ustaz Abdul Somad

Tausiyah

Ustadz Adi Hidayat: Jenazah Pasien Covid-19 Syuhada, Tidak Boleh Ditolak
Doa Rasulullah agar Diberkahi

Tausiyah

Ayo Amalkan Doa Rasulullah Ini agar Diberkahi di Bulan Ramadhan

Tausiyah

Almarhum Mbah Moen Pernah Ungkap Keistimewaan Hari Selasa

Tausiyah

Tak Hanya untuk Kebersihan, Wudhu Membuat Awet Muda. Berikut Penjelasannya!