Home / Global

Kamis, 7 Mei 2020 - 12:48 WIB

Adzan Berkumandang di Australia, Warga Kaget Sampai Pengendara Mobil Berhenti

Untuk pertama kalinya masjid terbesar di Australia, Masjid Lakemba, mengumandangkan adzan dengan pengeras suara di bulan Ramadhan 2020. Keputusan ini dipilih untuk menyatukan Muslim Australia di tengah pandemi COVID-19.

Diterangkan Direktur Eksekutif Asosiasi Muslim Libanon (LMA) yang mengelola masjid, Ahmad Malas, adzan dengan pengeras suara dikumandangkan saat waktu berbuka puasa (Maghrib) hingga Ramadhan 2020 berakhir.

“Seperti yang Anda tahu, dengan adanya pandemi COVID-19 ini umat Islam seperti kehilangan suasana Ramadhan. Nah, agar mengobati perasaan itu, Masjid Lakemba memutuskan untuk mengumandangkan adzan dengan pengeras suara,” kata Malas, menurut laporan SBS Arabic24.

Jadi, adzan akan dikumandangkan oleh seorang syekh Masjid Lakemba dari atas salah satu menara mengunakan mikrofon dengan harapan Muslim di sekitar masjid bisa mendengar panggilan solat.

Bagi negara lain yang memiliki jumlah penduduk mayoritas Muslim, hal tersebut sangat biasa. Namun, sambung Malas, mendengar suara adzan dari pengeras suara sangat spesial di tempatnya.

Malas melanjutkan, banyak penduduk Lakemba yang Muslim dan mereka terkejut sekarang ada adzan berkumandang saat Maghrib atau waktu berbuka puasa tiba. “Beberapa bahkan sampai keluar rumah saking terkejutnya,” cerita Malas.

Baca Juga  Setahun Setelah Penembakan, Masjid di Selandia Baru Ramai Lagi

Masyarakat Muslim Lakemba sangat merindukan adzan berkumandang dari masjid. Hal ini semacam pengobat rindu bagi Muslim di Lakemba di tengah keterbatasan efek pandemi COVID-19.

Malas menambahkan, adzan pertama dikumandangkan pada Rabu malam (22/4) dan disambut luar biasa oleh semua umat Islam di Lakemba. Saat adzan berkumandang, banyak pengendara mobil sampai berhenti dan memarkir kendaraan mereka untuk melihat apa yang tengah terjadi.

“Jadi, saat adzan berkumandang, pemilik mobil menepi dan keluar dari kendaraannya. Mereka lalu merekam situasi tersebut dan menyebarkannya di media sosial,” cerita Malas penuh semangat. (ful)

Share :

Baca Juga

Kembali ke Masjid

Global

Muslim Jerman Bersiap untuk Kembali ke Masjid Akhir Pekan Ini

Global

Ulama Jamaah Tabligh Wafat Karena Corona Usai Kembali dari India
MUIS Tak Kirim Jemaah Haji

Global

Pandemi Corona, MUIS Tak Kirim Jemaah Haji Tahun Ini

Global

Setelah Jerman dan Iran, Giliran Malaysia Mulai Buka Masjid. Indonesia Kapan?

Global

Poto: al-Aqsa Ditutup, Umat Muslim Shalat di Bukit Zaitun
Gerebek Rumah Imam Besar Masjid Al-Aqsa

Global

Imam Masjid al-Aqsa Ditangkap Intelijen Yahudi dengan Tudingan Menghasut

Global

Arab Saudi Longgarkan Lockdown Kecuali di Makkah. Kenapa?

Global

Hasil Penelitian, Islam Akan Jadi Agama Terbesar di Amerika