Home / Tausiyah

Sabtu, 16 Mei 2020 - 04:52 WIB

Almarhum Mbah Moen: Kebangkitan Islam akan Datang dari Negara Penghasil Biji-bijian

KH Maimoen Zubair yang akrab disapa Mbah Moen sebelum wafat di Makkah pada 6 Agustus 2019 semasa hidupnya sempat memprediksi tentang bakal kembalinya kejayaan Islam, seperti masa Rasulullah, para sahabat, dinasti umayyah, dinasti Abbasiyah hingga Turki Utsmani.

Dalam beberapa ceramah Mbah Moen, beliau sering menyinggung soal kebangkitan Islam. Beliau memperkirakan Islam akan bangkit kembali menjadi mercusuar dunia.

Mbah Moen sebelum meninggal sempat menyampaikan pesan penting bahwa kebangkitan peradaban Islam akan muncul dari Indonesia.

Pesan itu di antaranya disampaikan ke Nusron Wahid, mantan ketua umum GP Ansor. Pada peringatan 7 hari wafatnya Mbah Moen di Majelis Darul Hasyimi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Nusron berkisah, ia bertemu Mbah Moen di Jakarta menjelang keberangkatan haji terakhir Mbah Moen.

Seperti dikutip dari Buku Mbah Maimun karya Ustadz H. Makmun Kholil, Mbah Moen saat itu bercerita tentang gurunya KH Wahab Hasbullah, lalu beliau menegaskan bahwa NU harus nasionalis dan Indonesia harus NU.

Mendengar ucapan Mbah Moen ini, Nusron memahami, bahwa cara beragama di Indonesia haruslah sebagaimana tata cara Nahdlatul Ulama (NU).

Baca Juga  Almarhum Mbah Moen Pernah Ungkap Keistimewaan Hari Selasa

Nusron mengatakan, Mbah Moen sering mengutip tafsir Syekh Ramadhan Al-Buthi bahwa kebangkitan peradaban Islam akan muncul dan datang dari Indonesia.

Menurut Mbah Moen, peradaban Islam memiliki tujuh fase yang berpuncak di Indonesia. Fase pertama adalah zaman Nabi Muhammad SAW. Fase kedua, zaman empat Sahabat Nabi, Khulafaur Rasyidin. Fase ketiga, Zaman kejayaan Bani Umayyah.

Fase keempat zaman kejayaan Bani Abbasiyah. Fase kelima, zaman kebangkitan kaum sufi dan intelektual seperti Ibn Rusyd, Ibn Sina, dan lain-lain. Fase keenam, zaman kejayaan Kekaisaran Turki Usmani, dan fase ketujuh adalah fase Indonesia.

Ulama besar Suriah, Sayyid Ramadhan Al-Buthi menyebutkan, kebangkitan Islam akan datang dari sebuah negara, di mana negara itu adalah penghasil biji-bijian. Bukan negara Islam tapi negara dengan penduduk mayoritas Islam, di sana ada ajaran agama Nasrani dan Yahudi.

Pernyataan Sayyid Ramadhan Al-Buthi itu dikutip berkali-kali oleh Mbah Moen.

Menurut Mbah Moen, negara penghasil biji-bijian itu adalah Indonesia. Oleh karena itu, Mbah Moen menyatakan, NU harus menjadi kekuatan nasionalis di Indonesia.

Baca Juga  Begini Syarat Pemakzulan Seorang Pemimpin dalam Islam

Kenapa NU harus nasionalis? Karena Mbah Moen mengutip tafsir Sayyid Ramadhan Al-Buthi, bahwa kebangkitan peradaban Islam akan muncul dari Indonesia.

Berikut ini adalah ayat yang dimaksud oleh Sayyid Ramadhan Al-Buthi dan yang sering dikutip oleh Mbah Moen untuk menjelaskan kebangkitan Islam yang puncaknya ada di Indonesia:

Quran Surat Al-Fath Ayat 29,

مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ ٱللَّهِ ۚ وَٱلَّذِينَ مَعَهُۥٓ أَشِدَّآءُ عَلَى ٱلْكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَىٰهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنَ ٱللَّهِ وَرِضْوَٰنًا ۖ سِيمَاهُمْ فِى وُجُوهِهِم مِّنْ أَثَرِ ٱلسُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى ٱلتَّوْرَىٰةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِى ٱلْإِنجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْـَٔهُۥ فَـَٔازَرَهُۥ فَٱسْتَغْلَظَ فَٱسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِۦ يُعْجِبُ ٱلزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ ٱلْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ مِنْهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًۢا

Artinya: Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.

Baca Juga  Ingin Jadi Orang Kaya Sebenarnya? Ini Doa yang Diajarkan Nabi

Ayat itu menjelaskan soal tanaman biji-bijian. Sementara Indonesia merupakan negara penghasil biji-bijian. Oleh karena itu, berdasarkan ayat Alquran tersebut, Mbah Moen mengutip tafsir Sayyid Ramadhan Al-Buthi dan berpendapat kebangkitan Islam akan datang dari Indonesia. (drm)

Share :

Baca Juga

Berhubungan Intim Sewaktu Puasa

Tausiyah

Berhubungan Intim Sewaktu Puasa karena Lupa, Apa Hukumnya?
Hadapi Krisis Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19

Tausiyah

Tips Aa Gym Hadapi Krisis Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19
Senjata Menolak Wabah

Tausiyah

Sedekah Bisa Menjadi Senjata Menolak Wabah Termasuk Virus Corona, Ini Dalilnya!

Tausiyah

Mengapa Sehabis Menikah Perempuan Lain Lebih Cantik Dibanding Istri Sendiri?
Putra dan Putri Rasulullah

Tausiyah

Mengenal Putra dan Putri Rasulullah Muhammad saw
Doa Jadi Orang Kaya

Tausiyah

Ingin Jadi Orang Kaya Sebenarnya? Ini Doa yang Diajarkan Nabi

Tausiyah

Ada Bencana 15 Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya
Suami Melihat Wanita Lain

Tausiyah

Pesan Nabi SAW Jika Suami Melihat Wanita Lain Lebih Menarik