Home / Tausiyah

Rabu, 3 Juni 2020 - 17:33 WIB

Begini Syarat Pemakzulan Seorang Pemimpin dalam Islam

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Prof Din Syamsudin, membeberkan tiga syarat seorang pemimpin bisa dimakzulkan berdasarkan pandangan politik Islam. Din mengutip pandangan tokoh politik Islam, Al-Mawardi.

“Di dalam pendapat beberapa politikus Islam, misalnya Al-Mawardi mengatakan, pemakzulan pemimpin mungkin dilakukan jika syarat-syaratnya sudah tertanggalkan,” kata Din Syamsudin dalam diskusi ‘Menyoal Kebebasan Berpendapat dan Konstitusionalitas Pemakzulan Presiden di Era Pandemi Covid-19‘, Senin (1/6).

1. Pemimpin tidak adil atau zalim

Indikator ketidakadilan itu bisa dilihat dari kehidupan masyarakat. Din mencontohkan kesenjangan sosial ekonomi. Pemimpin tidak adil atau zalim hanya menciptakan kelompok lebih kaya dari yang lain

“Ada kesenjangan sosial ekonomi. Ini sangat asasi sekali, karena itulah syarat utama dari seorang pemimpin, jika itu hilang atau berkurang maka sudah bisa dilakukan pemakzulan,” ucap Din.

2. Dungu alias ketiadaan ilmu pengetahuan

Menurut Din, seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas, intelektual tinggi, dan semua hal yang berkaitan dengan ilmu ketatanegaraan. Hal paling utama adalah pemimpin harus memilih visi tentang cita-cita hidup berbangsa dan bernegara.

Baca Juga  Ada Bencana 15 Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

“Visi negara itu membawa rakyat pada kebahagiaan dunia dan akhirat. Dalam konteks negara modern, tiada lain visi itu adalah cita-cita nasional sesuatu bangsa. Misalanya bangsa Indonesia; merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur,” ucap Din.

Dalam kontes Indonesia, salah satu indikator dalam hal ini adalah presiden tidak memahami pancasila. Salah satu nilai pancasila yang harus dihidupkan adalah kebebasan berpendapat di lingkungan kampus.

“Kalau ada pembangkangan kampus, pemberangusan mimbar akademis, itu sebenarnya bertentangan secara esensial dengan mencerdaskan kehidupan berbangsa. Karena praktik sebaliknya pembodohan kehidupan berbangsa,” ucap Din. (em)

Share :

Baca Juga

Senjata Menolak Wabah

Tausiyah

Sedekah Bisa Menjadi Senjata Menolak Wabah Termasuk Virus Corona, Ini Dalilnya!
Keanehan menimpa umat islam

Tausiyah

6 Keanehan Ini akan Terjadi Menimpa Umat Islam Sesuai Hadis Rasulullah

Tausiyah

Doa agar Diberi Kemampuan Menghafal al-Quran

Tausiyah

Cara dan Doa Para Wanita Saleh untuk Bayinya

Tausiyah

Ini Dusta yang Dibolehkan kepada Pasangan
Doa Rasulullah agar Diberkahi

Tausiyah

Ayo Amalkan Doa Rasulullah Ini agar Diberkahi di Bulan Ramadhan

Nasional

Ini Akibat Istri Membentak Suami Berdasarkan Hadis Nabi SAW

Tausiyah

Ada Bencana 15 Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya