Bikin Emosi Umat Islam, Begini Cerita Awal Pemuda Injak Alquran di Tasikmalaya

  • Bagikan

Aksi seorang pria di Tasikmalaya, Jawa Barat, menginjak Al-Qur’an viral di media sosial Facebook. Aksi tersebut membuat geram warga.

Aksi menginjak Al-Quran yang dilakukan oleh tersangka berinisial HE itu viral setelah diposting tersangka lainnya berinisial ZU.

“Akibat dari unggahan (ZU) tersebut menjadi viral dan menimbulkan reaksi pertama dari ormas Islam Kota Tasikmalaya dan langsung melakukan klarifikasi terhadap ibu dari tersangka HE,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga, Minggu (10/05/2020).

Erlangga menuturkan, kasus tersebut berawal saat pelaku HE dituduh mencuri lapotop di salah satu rumah di Tasikmalaya. Namun pelaku menolak tuduhan tersebut.

Ia lalu menawarkan sumpah dengan cara menginjak Al-Quran yang juga disaksikan ibu kandungnya.

Seorang warga berinisial ZU yang menyaksikan itu lalu mendokumentasikan aksi menginjak Al-Quran. Kemudian foto dan video aksi tersebut diunggah ke media sosial Facebook. Ormas Islam di Tasikmalaya kemudian melaporkan hal tersebut.

“HE berinisiatif, bersedia untuk disumpah dengan menginjak Al-Quran, dan ketika itu di antara peserta mengatakan silakan kalau berani, dan akhirnya HE bersumpah dengan menginjak Al-Quran,” ujar Erlangga.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka HE dijerat Pasal 156 huruf a KUHP dengan ancaman hukumannya 5 tahun penjara. Sedangkan, tersangka ZU dijerat Pasal 45 huruf a Undang-undang RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman hukumannya 6 tahun penjara. (BL)

  • Bagikan