Ditandai Sholat Subuh Berjamaah, Masjid Nabawi Kembali Dibuka

  • Bagikan

Setelah kurang lebih dua bulan ditutup karena pandemi virus Corona atau Covid-19, Masjid Nabawi di Arab Saudi akhirnya dibuka untuk umum pada Minggu (31/05/2020).

Pembukaan masjid ditandai dengan dilakukannya Sholat Subuh berjamaah dengan diiringi protokol kesehatan, sebelum masuk ke area masjid, jemaah terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas kesehatan.

Mereka juga memakai masker. Selain itu, barisan saf jemaah juga diatur sesuai dengan protokol physical distancing.

“Sheikh Ali al Hudhaify mengimami Sholat Subuh di Masjid Nabawi setelah masjid dibuka untuk masyarakat umum untuk tahap satu,” tulis akun Twitter Haramain Sharifain, Minggu (31/5).

Di antara barisan jemaah, terlihat sejumlah petugas keamanan berkeliling di masjid tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan para jemaah.

Diketahui pada Selasa 26 Mei lalu, Arab Saudi mengumumkan rencana pelonggaran aturan covid-19 secara bertahap menuju kondisi new normal.

Fase pertama, dimulai pada Kamis lalu, ditandai dengan pemangkasan aturan jam malam dan mengizinkan kembali sejumlah aktivitas ekonomi.

Fase kedua, dimulai Minggu ini, meliputi pemberian izin salat lima waktu dan Sholat Jumat di seluruh masjid di Arab Saudi, kecuali Mekkah. Aturan jam malam juga kembali dipangkas di fase kedua.

Kantor berita Saudi Press Agency, Minggu 31 Mei 2020 mengatakan, warga melakukan Sholat Subuh ini di lebih dari 90.000 masjid di berbagai wilayah Kerajaan Arab Saudi. Mereka sholat di masjid setelah pemerintah mencabut penangguhan sholat di semua masjid.

  • Bagikan