Kartika Putri Berhijab. Apa yang Dia Alami?

  • Bagikan

Perubahan Kartika Putri yang memutuskan untuk berhijab memang cukup mengejutkan. Artis yang bisa tampil seksi dan menarik itu memutuskan berhijab.

Perempuan yang dikenal sebagai presenter olahraga itu mempunyai bentuk tubuh seksi, wajah cantik, dan rambut yang panjang. Penampilannya bisa dibilang selalu membuat orang terpukau.

Bisa dibilang memang keputusan Kartika Putri untuk berhijab cukup mengagetkan. Meskipun bukan deretan artis kontroversial, Kartika Putri sudah terkenal sebagai salah satu artis seksi.

Merasa dilahirkan kembali

Dalam suatu obrolan santai, Kartika menceritakan bagaimana kini dirinya merasa seperti dilahirkan kembali.

10 Februari 2018, Kartika Putri memutuskan untuk mengubah penampilannya 180 derajat untuk menggunakan hijab, meski usia SMP niat berhijab sudah ada.

Namun keinginannya untuk berhijab dikatakannya sudah ada sejak dua tahun lalu. Datangnya keinginan itu pun sangat cepat dirasakannya terlebih ketika dirinya melihat beberapa sahabat yang sudah berhijab acap kali Kartika Putri kembali tidak yakin untuk berhijab.

“Terus tiba-tiba proses titik balik hijrah adalah ketika aku sendiri, bisa dibilang saat itu benar-benar lagi sendiri. Merenung aja gitu. Saya kok setiap hari cuma berangkat, bangun tidur, kerja, ulang lagi, tidur lagi. Terus itu hidup buat apa ya. Terus saya merasa kok saya nggak merasa happy  dan seperti lahir kembali ya?” tambahnya.

Perempuan 27 tahun yang juga pernah membintangi film ‘Ada Kamu, Aku Ada’ itu bingung dengan munculnya perasaan itu. Secara dalam kehidupannya dia merasa sudah sangat beruntung.

Dimulai dari rasa gelisah

“Saat aku berpikir ini masih ada yang kurang apa ya? Ada kegelisahan, keresahan, terus tiba-tiba namanya ngalami seminggu nggak bisa tidur sama sekali, makan nggak nafsu. Terus aku ngerasa ngapain ya aku kerja seandainya hidup aku begini? Sampai akhirnya udah sampai balkon pengen banget tidur, bingung mau cari solusi apa. Olahraga udah, makan yaudah, semua udah, sampai aku iseng main handphone dan mendengarkan lantunan ayat suci al Quran,” aku perempuan yang juga akrab disapa Karput itu.

Tuhan luar biasa baik memberikan dirinya keluarga yang bahagia, pekerjaan yang mumpuni, dan kehidupan yang bisa dibilang sangat lebih dari cukup. Diasaat dirinya bingung mencari apa yang kurang, lantunan ayat suci al-Quran seolah membawanya dalam ‘alam’ yang berbeda.

“Saat itu langsung merasa nyaman dan tenang, akhirnya mutusin, udah deh kayaknya ku mantap nih aku harus berhijrah, sampai akhirnya berhijab juga. Kayaknya aku harus memperbaiki diri aku nih, ternyata ini nih selama ini pencaarian jati diri aku,” tandas Kartika Putri tersenyum.

Perbedaan sebelum dan sesudah berhijab

Seiring dengan keputusannya berhijab tentu kehidupan Kartika Putri sebagai artis pun berubah. Tapi tak ada sedikit pun keraguan untuknya tetap memperdalam Islam dan belajar menjadi insan yang lebih baik.

Kartika Putri tak memungkiri ada perbedaan dalam pergaulan dan pekerjaan setelah dirinya memutuskan untuk berhijab. Dia pun tak menyerah untuk bisa memberikan pengertian pada teman dan sahabatnya.

“Pastilah kalau dulu kan dari cipika-cipiki, peluk, kalau sekarang aku salaman juga mengurangi dari yang bukan mahromnya. Pasti akan ada itulah. Tapi kalau sahabat-sahabat yang benar-benar memahami dan mengerti, alhamdulillah. Alhamdulillah mereka malah menghargai, mereka menganggap aku sahabat biasa cuma perubahan aku aja,” ungkap Kartika Putri

Melihat semua reaksi yang melihat perubahannya tak lantas membuat Kartika Putri mundur. Justru dirinya mulai merasakan nikmat ketika dihadapkan dengan masalah baru.

“Aku baru pertama kali sih ngerasain salat yang bisa tersenyum. Kalau dulu kan salat pada saat sakit, galau, sedih, nangis. Kalau sekarang bisa selalu tersenyum ya Allah terima kasih ada masalah baru sehingga aku salatnya lebih khusyuk, aku lebih cepat-cepat pengen ketemu, aku lebih apa ya jatuh cinta lagi. Ringan aja hidupnya sekarang,” tutur Kartika Putri dengan tenang dan tersenyum.

“Masya Allah nggak ada keraguan sedikit pun,” tambahnya.

Sempat beberapa kali Kartika Putri bersuara soal diskiriminasi yang dia dapatkan setelah penampilannya berubah. Salah satunya ketika dia mendapat perlakuan tidak enak saat menggunakan cadar.

Perubahan Kartika Putri yang banyak disebut mendadak religius ternyata menimbulkan banyak prasangka. Salah satu yang paling santer adalah isu tentang dirinya dinikahi secara siri oleh Habib Usman bin Yahya.

Kartika Putri memang sudah beberapa kali membantah soal kabar tersebut. Dia kini lebih tenang dalam menanggapi segala pemberitaan buruk tentangnya.

Semua masalah yang dia dapatkan menurutnya tak ada cobaan yang berat. Perempuan berusia 27 tahun itu justru tersenyum dan mempertanyakan kenapa saat dirinya berpenampilan baik banyak kabar tidak yang benar yang menimpanya.

“Sekarang mungkin mereka butuh proses untuk menerima Kartika Putri yang baru. Dan, aku pun sedang menikmati perjalanan aku ini kalau ada apapun nggak terlalu diambil pusing, kayak dulu yang dipikirin,” ujarnya.

“Sekarang mungkin beritanya lebih mabuk dari aku zaman dulu. Aku bilang gini ‘ya Allah ketika aku dulu berpakaian tidak baik kok nggak ada berita yang nggak benar, terus sekarang ketika kita berubah ke arah yang lebih benar kok beritanya lebih ajaib?’ Cuma mikirnya ya mungkin ini caranya Allah mau ngangkat derajat aku mungkin, atau mungkin ini mau menguji saya, aku ambil positif aja,” pungkas Kartika Putri.

Berhijab dan kehidupannya sebagai artis

Seiring dengan keputusannya berhijab tentu kehidupan Kartika Putri sebagai artis pun berubah. Tapi tak ada sedikit pun keraguan untuknya tetap memperdalam Islam dan belajar menjadi insan yang lebih baik.

Kartika Putri tak memungkiri ada perbedaan dalam pergaulan dan pekerjaan setelah dirinya memutuskan untuk berhijab. Dia pun tak menyerah untuk bisa memberikan pengertian pada teman dan sahabatnya.

“Pastilah kalau dulu kan dari cipika-cipiki, peluk, kalau sekarang aku salaman juga mengurangi dari yang bukan mahromnya. Pasti akan ada itulah. Tapi kalau sahabat-sahabat yang benar-benar memahami dan mengerti, alhamdulillah. Alhamdulillah mereka malah menghargai, mereka menganggap aku sahabat biasa cuma perubahan aku aja,” ungkap Kartput.

Melihat semua reaksi yang melihat perubahannya tak lantas membuat Kartika Putri mundur. Justru dirinya mulai merasakan nikmat ketika dihadapkan dengan masalah baru.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.