Milton, Kanada Akhirnya Bisa Kumandangkan Adzan untuk Kali Pertama

  • Bagikan
Adzan untuk Kali Pertama

Pemerintah kota Milton akhirnya mengizinkan Pusat Komunitas Islam Milton untuk mengumandangkan adzan di masjid Milton. Izin itu berlaku sehari sekali sepanjang bulan Ramadhan saat lockdown pandemi virus Corona.

“Itu gerakan simbolis,” kata Zeeshan Hamid, salah satu penasihat izin kebisingan agar dicabut untuk adzan seperti dikutip Inside Halton.

Hamid bilang adzan itu sebagai panggilan sholat dilakukan cukup singkat, cuma dua menit. Tapi, panggilan ke masjid itulah yang penting karena datang ke masjid telah menjadi kehidupan seorang muslim. Dengan adanya pandemi virus Corona, umat Islam tak bisa datang ke masjid makanya adanya adzan menunjukkan masjid tetap hidup.

“Karena mereka tidak dapat hadir ke masjid untuk sholat karena sedang lockdown maka simbol dengan menonton video ajakan sholat online telah sangat berarti bagi sebagian orang,” katanya.

Respons warga muslim di Milton dengan adanya adzan itu sangat positif. Justru sebagian warga di luar Milton yang bereaksi negatif.

“Hanya ada beberapa yang mencoba melebih-lebihkan, itu juga karena mereka tidak menyadari bahwa suara itu datang dari masjid,” katanya.

Dengan izin adzan dengan pelantang suara hingga akhir Ramadhan maka kegiatan itu bisa dilakukan hingga 24 Mei.

Sebelumnya, sejumlah masjid di berbagai kota di negara-negara berbeda juga diizinkan untuk menggemakan adzan. termasuk masjid terbesar di Sydney. (detik)

  • Bagikan