MUI Kabupaten Bogor: Warga Bisa Salat Id di Luar Rumah, tapi Dengan Ketentuan

  • Bagikan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor mengeluarkan imbauan untuk pelaksanaan salat Id. Masyarakat Kabupaten Bogor diperbolehkan melaksanakan salat Id berjemaah, namun dengan beberapa ketentuan.

Dalam surat edaran MUI Kabupaten Bogor yang ditandatangani Ketua MUI Kabupaten Bogor Ahmad Mukri Aji menjelaskan pihaknya mengimbau agar salat Id dilakukan di rumah, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi virus Corona (COVID-19). Namun untuk wilayah yang bukan zona merah, masyarakat bisa menggelar salat berjemaah.

“Di wilayah yang masyarakatnya homogen dan penyebaran virusnya terkendali, berdasarkan keterangan pihak berwenang, pelaksanaan salat Idul Fitri dapat dilaksanakan di luar rumah,” kata Ahmad Mukri Aji dalam keterangannya, Selasa (19/5/2020).

Namun pelaksanaan salat Id di luar rumah ini memiliki ketentuan. Ketentuan pertama adalah satuan tugas (Satgas) COVID-19 tingkat desa, RT, dan dewan kepengurusan masjid (DKM) harus bertanggung jawab penuh mengenai pelaksanaan salat Id di luar rumah.

Selain itu, salat Id diimbau dilaksanakan di unit terkecil masyarakat, yakni tingkat RT. Pelaksanaan salat Id dilakukan di ruangan terbuka dan hanya dilakukan penduduk setempat. Untuk lansia dan anak-anak, disarankan agar tetap di rumah.

“Tidak melakukan mushafahah (bersalaman) dengan bersentuhan tangan,” lanjut Mukri Aji.

Dia pun mengatakan pelaksanaan salat Id di luar rumah tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak. Jemaah pun diminta membawa sajadah masing-masing, memakai masker, serta menyediakan tempat dan alat untuk mencuci tangan.

Dari pelaksanaan salat Id di luar rumah juga, MUI mengimbau agar khotbah Idul Fitri dipersingkat.

Mukri Aji menambahkan, salat Id juga bisa dilakukan di rumah masing-masing. Salat Id di rumah dapat dilakukan sendiri ataupun berjemaah.

Dia pun mengimbau masyarakat agar tidak melakukan takbir keliling di malam Idul Fitri, juga tidak melakukan mudik di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) ini.

“Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, umat islam diimbau untuk menghidupkan malam Idul Fitri dengan membaca takbir, tasbih, tahmid di rumah masing-masing bersama keluarga,” tandasnya. (elz)

  • Bagikan