Penyanyi Amerika, Jennifer Grout Jadi Mualaf. Simak Videonya Saat Membaca al-Quran

  • Bagikan

Penyanyi Amerika Jennifer Grout viral setelah videonya membacakan ayat suci al-Quran, Ayat Kursi sukses memukau netizen. Kenalan yuk dengan Jennifer yang juga sempat mencuri atensi di acara Arab Got Talent.

Jennifer Grout bukanlah musisi Amerika pada umumnya. Meskipun lahir dan dibesarkan di kota Boston dan tidak memiliki keturunan Arab, dia mampu melantunkan ayat al-Quran layaknya orang yang sudah lama bisa membaca kitab suci umat Islam tersebut.

Jennifer mengunggah video dirinya membaca ayat Kursi ini di Facebook dan Instagramnya, Videonya itu diserbu komentar netizen yang sebagian besar terpukau dengan lantunan suaranya saat membacakan ayat Kursi.

Dalam keterangan yang ditulisnya di Instagram, Jennifer mengungkapkan perkenalannya dengan al-Quran. Dia mengetahui al-Qura’an dari guru musiknya saat dia akan menjadi peserta Arab Got Talent. Ya, Jennifer menarik atensi pertama kali saat mengikuti ajang pencarian bakat Arab Got Talent dan berhasil mencapai final pada 2013.

“Ketika saya pertama kali tertarik pada musik Arab, guru saya menyuruh saya untuk mulai mendengarkan al-Quran sebagai latihan untuk mulai mendapatkan keselarasan dengan semua nuansa Arab saat bernyanyi, keduanya memiliki banyak kesamaan seperti kualitas melodi, ornamen, teknik vokal, maqam, dan bahasa tentu saja.

Banyak penyanyi Tarab besar berakar pada pembacaan Quran! Hari ini, dalam semangat jumu3a saya berbagi bacaan ayat Kursi sesuai dengan gaya guru besar Mohammed Siddiq Al Menshawi. Pembacaan al-Quran adalah seni tersendiri, dan dapat dihargai oleh siapa saja dan semua orang, Muslim dan non Muslim sama,” tulisnya.

Membacakan ayat al-Quran dengan penampilan tidak berhijab, Jennifer pun sempat mendapat nasihat dari sejumlah netizen. Dan dia menanggapi nasihat netizen itu melalui postingan berbeda dengan menampilkan foto dirinya memakai hijab.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

When I first became interested in Arabic music, my teacher told me to start listening to Quran as an exercise in order to begin getting attuned to all the nuances of Arabic singing; the two have many things in common like their melodious qualities, ornamentations, vocal technique, maqam modulations, and language of course. Many of the great Tarab singers had their roots in Quran recitation! Today in the spirit of jumu3a I’m sharing a recitation of Ayat-u-l kursi as per the style of the great Mohammed Siddiq Al Menshawi. Quran recitation is an art in itself, and can be appreciated by anyone and everyone, Muslims and non Muslims alike, (though it carries another special layer of meaning for the former). Happy Friday 💜 #jennifergrout #tajweed #quran #jumua #menshawi #maqamat #muslimah #femalereciters

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jennifer Grout (@jeangrout) pada


Jennifer juga menjelaskan alasannya tidak mengenakan jilbab saat membacakan ayat al-Quran. Kata wanita yang sudah menjadi mualaf sejak lama itu, dia sengaja melakukan hal itu karena ingin menunjukkan pada semua orang bahwa al-Quran merupakan sesuatu yang bisa dinikmati siapapun yang memang mau mendengarkannya atau mengeksplorasinya.

“Tujuan utama dari halaman saya ini adalah untuk berbagi cinta musik/seni/budaya yang menyatukan orang dari semua lapisan masyarakat,” tulisnya.

Dikutip dari Stepfeed, Jennifer Grout menarik perhatian publik setelah ia berpartisipasi dalam ajang pencarian bakat Arab Got Talent pada 2013. Pada saat itu dia sebenarnya tidak terlalu memahami berbahasa Arab. Tapi dia bisa melakukan penafsiran mendekati sempurna dari bahasa Arab klasik dan menjadi finalis non-Arab pertama dalam sejarah Arab Got Talent.

Jennifer lewat keterampilannya dalam bernyanyi dalam bahasa Arab begitu meyakinkan pemirsa. Bahkan sampai ada rumor bahwa dia berpura-pura menjadi orang Amerika.

“Anda tidak berbicara kata bahasa Arab, namun Anda bernyanyi lebih baik daripada penyanyi lain,” demikian kata penyanyi Lebanon Najwa Karam, salah satu juri Arab Got Talent.


Lahir dari keluarga musisi, Jennifer Grout pertama kali menemukan ketertarikan dalam musik Arab pada 2010 saat menghadiri sebuah acara di Universitas Kanada. Saat itu dia pertamakalinya menyaksikan penampilan legenda musikal Lebanon, Fairuz. Sosok Fairuz lah yang memicunya belajar menyanyikan lagu berbahasa Arab.

Lalu Jennifer Grout mulai tampil di kafe Suriah di sekitar Montreal dan kemudian pindah ke Maroko setelah lulus kuliah. Sejak itu ia berpindah keyakinan dan memeluk agama Islam. Dia juga dinikahi seorang pria Maroko.

Sejak berkompetisi di Arab Got Talent, Jennifer Grout pun kebanjiran tawaran. Dia kerap tampil di beberapa festival di berbagai belahan dunia. (detik)

  • Bagikan