Ternyata Mamah Dedeh Rutin Sedekah Beras dan Umrohkan Ratusan Orang

  • Bagikan

Komedian Abdel Achrian mengungkapkan kebaikan ustadzah kondang, Mamah Dedeh. Abdel menyebut Mamah Dedeh adalah orang yang selalu melakukan segala hal yang diucapkan, terutama mengenai sedekah dan berbagi.

“Iya, istilahnya walk the talk deh terutama mengenai sedekah dan berbagi. Apa yang diomongin emang beliau lakukan,” kata Abdel saat dihubungi Republika, Sabtu (30/5).

Abdel menceritakan saat pertama kali bertemu Mamah Dedeh pada 2007 dalam program acara Mamah dan Aa. Kesan pertama, Abdel menilai Mamah Dedeh merupakan sosok perempuan yang galak tapi lucu. ”Kesan pertama gw, ini emak-emak galak tapi kocak banget,” kata dia.

Seiring berjalannya waktu Abdel lebih mengenal sosok Mamah Dedeh. Menurut dia Mamah Dedeh bukan galak tetapi cara berbicara dengan suara yang kencang sudah menjadi kebiasaan dari kecil. Hal tersebut karena Mamah Dedeh tinggal di dekat tempat penggilingan padi, sehingga harus berbicara keras agar bisa terdengar dan bisa mengalahkan suara mesin penggiling padi.

Namun di balik suaranya yang keras, Abdel menyebut Mamah Dedeh adalah sosok yang lembut. Sosoknya tidak bisa melihat kesusahan orang lain. “Mamah Dedeh jempolan untuk urusan berbagi.”

Abdel mengungkapkan Mamah Dedeh rutin membagikan berkarung-karung beras kepada orang yang membutuhkan, bahkan sebelum Mamah Dedeh terkenal dan mengisi program di televisi.

Selain itu, Mamah Dedeh juga memberangkatkan umroh banyak kru acara Mamah dan Aa untuk umroh. Termauk petugas keamanan dan sopir. Jika ditotal, kata Abdel, mencapai ratusan orang yang diberangkatkan umroh oleh ustazah kelahiran 5 Agustus 1951 ini.

Kebaikan lainnya, Mamah Dedeh pernah membiayai pernikahan dan resepsi seseorang. Mamah pernah membeli rumah untuk make up artisnya, yang sering curhat tentang hubungannya dengan sang mertua yang kurang harmonis,” kata Abdel. Mamah Dedeh membelikan rumah agar make up artisnya itu bisa pisah rumah dengan sang mertua dan pertengkaran tidak terus terjadi.

“Semoga Mamah Dedeh panjang umur, Aamiin,” kata Abdel mendoakan. (rep)

  • Bagikan