Ustaz Mutumba Syok Berat Ternyata Istrinya Seorang Pria. Kok Bisa?

  • Bagikan
Ilustrasi

Imam masjid Sheikh Mohammed Mutumba (27 tahun) harus menerima kenyataan pahit dalam hidupnya. Warga Uganda tersebut syok berat usai mengetahui istri yang dinikahinya dua minggu lalu ternyata lelaki.

Fakta itu didapat usai sang istri kepergok mencuri TV dan pakaian di rumah tetangganya. Ketika digeledah dan diperiksa polisi, didapati tonjolan pada kemaluan istrinya.

Pelaku akhirnya mengaku pada polisi kalau dia bernama asli Richard Tumushabe. Ia sengaja berpura-pura menjadi seorang wanita agar bisa menikahi Ustaz Mutumba serta mencuri uangnya.

Tak terima dengan keterangan istri Mutumba, Kyampisi Masjid Noor, tempat Ustaz Mutumba memimpin ibadah salat berjamaah kemudian menskors Mutumba sebagai imam masjid. Demikian seperti dikuitp Daily Mail, Rabu 22 Januari 2020.

Dalam sebuah pernyataan, Ustaz Mutumba mengaku benar-benar tak tahu istrinya lelaki. Sejak menikah dua pekan lalu, Ustaz Mutumba juga bilang tak pernah berhubungan intim. Sebab istrinya yang bernama Swabullah Nabukeera mengaku tengah menstruasi.

Usai kejadian buruk itu, Mutumba sangat stres. Malangnya ustaz Mutumba, dia menghilang dari pergaulan. Hatinya benar-benar hancur. Makanya, jika ada yang bertemu dengannya dan menanyakan kabar itu, dia tak suka dan memilih menghindar.

Teman dan kolega Ustaz Mutumba mengatakan, selama ini mereka juga tertipu dengan istri Mutumba. Sebab Swabullah di tiap kesempatan selalu mengenakan hijab.

“Dia memiliki suara lembut, wajah manis, dan berjalan seperti seorang wanita,” kata Amisi Kibunga, seorang pekerja masjid tempat Mutumba memimpin ibadah salat.

Kibunga bercerita kalau Ustaz Mutumba sempat mengeluh dan bercerita padanya. Jika empat hari setelah pernikahan, istrinya selalu menolak untuk membuka pakaian ketika mereka tidur.

Tokoh muslim setempat Sheikh Abdul Noor Kakande mengatakan insiden malang yang tengah menimpa Ustaz Mutumba sedang diselidiki. Para tokoh masjid sejauh ini sepakat menangguhkan Ustaz Mutumba.

Penangguhan diperlukan untuk menjaga integritas agama Islam. Karena belum bisa dibuktikan pula kalau Ustaz Mutumba benar-benar tidak tahu istrinya lelaki. Kata Kakande, Ustaz Mutumba telah bekerja di masjid selama empat tahun dan merupakan satu dari tiga imamnya.

Sheikh Kakande sendiri ikut menghadiri resepsi pernikahan Mutumba. Ia juga tak menyangka kalau istrinya adalah seorang pria. “Dia menikah dua minggu lalu secara Islam. Kami merayakannya dalam upacara tradisional,” kata dia.

Kehebohan ini membuat banyak jurnalis yang mencoba mewawancarai Mutumba. Tetapi Ustaz Mutumba seakan menghilang. Dia tak terlihat selama berhari-hari di rumahnya. Seorang kerabat mengatakan, Mutumba saat ini tinggal bersama kerabatnya dan mendapatkan konseling karena syok berat.

  • Bagikan