Video Ibu Shalat di Tengah Sawah. Habib Husein: Karena Merasakan Kenikmatan Shalat

  • Bagikan

Sebuah video memperlihatkan seorang ibu sedang salat di tengah sawah menjadi sorotan. Momen tersebut viral setelah Habib Husein Ja’far mengunggahnya di akun media sosial miliknya.

Bukan tanpa alasan, Habib Husein mengunggah video tersebut guna mengingatkan kaum muslim agar dapat rajin melakukan salat. Berikut ulasan selengkapnya dari berbagai sumber.

Unggahan Habib Husein

Dalam akun Twitter miliknya @Husen_Jafar, ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang ibu sedang salat di tengah sawah.

“Saya sering ditanya, ‘Gimana agar bisa rajin salat?’ Jawaban saya, ‘Pertama, saya jg masih belajar itu. Kedua, cari kenikmatan dalam salat, minimal secara lahir seperti Ibu dalam video ini. Ketiga, beri waktu untuk salat & jangan salat di sela-sela waktu aja.’,” tulisnya.

Video yang memperlihatkan momen seorang ibu-ibu sedang salat di tengah sawah ini diduga terjadi di Demak. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang pengguna akun Twitter yang ikut memberikan tanggapan pada unggahan Habib Husein.

“Dari watermark videonya, itu di Demak ya Bib. Di Demak emang kalau pas lagi panen dan ga sempet pulang, ibu-ibu bawa mukena dan shalat di sawah. Ibuku sering begitu, Bib. Kadang kalau lupa bawa mukena, saya yang disuruh pulang buat ambilin mukena,” tulis akun @opin_mudroff menanggapi.

Tiang Agama

Dalam Islam, salat sebagai ibadah utama merupakan tiang agama bagi para pemeluknya yakni umat muslim. Maka jika seseorang umat muslim tengah menjalankan salat, betapa ia sungguh mendirikan agama Islam.

Berbeda bagi seseorang yang tengah meninggalkan salat, maka ia dianggap meruntuhkan agama Islam. Salat lima waktu dalam Islam hukumnya wajib dan tidak boleh ditinggalkan.

Perintah yang Diterima Rasulullah

Salat sebagai ibadah pertama yang diwajibkan Allah SWT. Salat juga merupakan perintah yang diterima lansung oleh Rasulullah SAW tanpa perantara apapun dalam peristiwa Isra’.

Awalnya, Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW agar menjalankan salat sebanyak 50, namun diputuskan menjadi 5 kali salat fardhu atau wajib, dengan pahala yang sama besarnya.

Manfaat Gerakan Salat

Perlu diketahui, ternyata gerakan yang dilakukan setiap kali menjalankan salat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Antara lain seperti melancarkan peredaran darah, baik bagi sistem pencernaan dan ginjal, memperlancar aliran darah ke otak.

Tak hanya itu, manfaat lain dari gerakan salat yakni juga dapat meningkatkan kecerdasan, mengatasi nyeri dan pegal, baik untuk kesuburan wanita, mencegah impotensi dan masih banyak lagi.

  • Bagikan