Tak Hanya untuk Kebersihan, Wudhu Membuat Awet Muda. Berikut Penjelasannya!

  • Bagikan

Wudhu merupakan suatu ibadah guna memelihara kebersihan. Organ tubuh dibasuh dengan air wudhu adalah bagian anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan benda-benda asing, termasuk kotoran. Dengan demikian agar terhindar dari penyakit kulit harus dibasuh. Karena penyakit sering kali menyerang permukaan kulit yang terbuka dan sering menyentuh benda-benda lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hambaMu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Dekan Fakultas THT di Universitas Alexsandria, Dokter musthafa syahatah mengatakan bahwa kuman yang ada pada orang berwudhu lebih sedikit dari orang yang tidak berwudhu. Ketika ber-istisnaq (menghirup air), itu bisa mencegah timbulnya penyakit dalam hidung. Dengan mencuci kedua tangan, bisa menjaga kebersihan pada tangan.

Kita juga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila kita rajin berwudhu. Selain itu, kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita, artinya dengan sering berwudhu kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Dalam buku “Prayers a Sport for the Body and Soul”, Mokhtar Salem menjelaskan bahwa manfaat wudhu adalah dapat mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit.

Jika dibersihkan dengan air (terutama berwudhu), dengan otomatis bahan kimia itu akan larut bersama air. Dan wudhu juga dapat membuat seseorang tampak lebih muda.

Prof Leopold Werner von Ehrenfels, psikiater dan neurology dari Austria, menemukan hal yang menakjubkan tentang wudhu. Ia mengemukakan bahwa pusat syaraf yang paling peka, yaitu dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat saraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar.

  • Bagikan